Home » , , » Cara Mengembalikan Kapasitas Flash Disk

Cara Mengembalikan Kapasitas Flash Disk

Posted by Phen Efendi on 02 October 2012 | 12:40 AM

Jika Anda cukup sering memindahkan data dengan menggunakan flash disk, pernahkah menganalisa mengenai kapasitas flash disk Anda. Tahukah Anda, jika kapasaitas flash disk dapat berkurang dari kapasitas yang semestinya. Misalkan flash disk anda berkapasitas 1GB,anda hanya menyimpan data sebesar 10 MB, dan saat anda mengecek kapasitas flash disk anda, dengan cara mengklik kanan pada kandar flash disk anda, kemudian memilih [Properties] dari menu yang muncul, ternyata Used space dan Free space menunjukkan nilai yang tidak semestinya. Used space yang seharusnya hanya 10 MB ternayata menunjukkan nilai yang lebih besar, misalkan menjadi 100 MB, sehingga mengurangi nilai Free space yang anda miliki.

Cara Mengembalikan Kapasitas Flash Disk

Hal ini dapat terjadi dikarenakan tabel file system yang ada pada flash disk anda sudah cukup berantakan, karena anda sering melakukan proses menulis dan menghapus yang cukup banyak. Hal ini biasanya juga terjadi pada hard disk, dan menyebabkab akses terhadap file dan performa komputer menjadi lambat atau lemot.

Untuk mengembalikan kapasitas flash disk anda, yang harus anda lakukan adalah melakukan format ulang flash disk anda. Untuk menformat flash disk amatlah mudah, anda cukup melakukan klik kanan pada kandar flash disk anda pada Windows Explorer, kemudian pilih [Format…] pada menu yang muncul, lanjutkan dengan klik tombol [Start] untuk memformat. Sebelum flash disk anda di format ulang, pastikan data-data penting anda sudah dipindahkan ke hard disk terlebih dahulu.

Setelah di format ulang, silahkan cek kembali kapasitas flash disk anda, dapat dipastikan nilainya akan sesuai dengan kapasitas sebenarnya. Ada baiknya anda melakukan hal ini secara berkala, jika anda memang cukup sering memindahkan data dengan menggunakan flash disk.

Artikel lain yang mungkin Anda sukai :
Cara Mengubah Tampilan Windows 7 Menjadi AndroidCara Mudah Membuat Bootable Windows 7 USB Flash DiskDownload Tiga Pilihan Aplikasi Recovery Data Gratis untuk OS WindowsMengetahui Format File APK pada Perangkat AndroidCara menggunakan Ponsel Android sebagai Webcam
Cara Mengambil Screenshot / Screen Capture di Ponsel Android Smartfren AndroMax dan SamsungCara Menghapus Akun Facebook Secara PermanenMengatasi Apache XAMPP yang tidak bisa berjalan 'running' di WindowsBagaimana Cara Benchmark "Menguji" Perangkat AndroidCara Memunculkan Logo Android Saat Update Status FacebookCara Kreatif Menguatkan Sinyal HP atau ModemCara Memperbaiki Flashdisk yang RusakTIPS AGAR USB FLASH DISK KEBAL MALWARETips Agar Komputer Tidak Lemot150 Tips & Trik WindowsTrik Menyembunyikan File dan Folder di Windows
Mengembalikan Kapasitas Flash Disk
Membuat Program Penghitung Kata dengan Java Script...
Cara Mudah Mengapus Seluruh Karakter/Kata Tertentu...
Kalkulator sederhana di Command Prompt
Mengelola Folder dan File dengan Bijak
Mengubah Tampilan Control Panel di Start Menu
Mencegah akses ke Add or Remove Programs
Mencegah Penyebaran Virus Lokal dengan men-Disable autorun flash disk
Mengubah Warna Tampilan Command Prompt
Memunculkan ekstensi file di Windows Explorer
Memunculkan Garis Bantu Pembatas di Ms Word
Mengintegrasikan Windows Media Player di Taskbar pada Windows XP
Cara Mudah Mengubah Nama dan Informasi Perusahaan Setelah Windows terinstall

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...