Home » , » Cara Mencegah & Mengobati Kuku Cantengan / Luka Bengkak pada Kuku

Cara Mencegah & Mengobati Kuku Cantengan / Luka Bengkak pada Kuku

Posted by Phen Efendi on 05 July 2010 | 9:57 PM

Cara Mencegah & Mengobati Kuku Cantengan / Luka Bengkak pada Kuku
Jika anda memiliki masalah pada kuku jari kaki maupun tangan anda di mana terdapat luka pada sela-sela kuku dengan kulit jari kaki atau tangan anda jangan biarkan hal ini berkelanjutan. Biasanya luka tersebut akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat sepanjang waktu dan bahkan sepanjang hidup anda jika tidak segera diobati.
Cantengan adalah disebabkan oleh pertumbuhan kuku baik pada jari jempol atau pun jari lainnya yang kurang baik sehingga menusuk kulit halus di samping kuku tersebut sehingga menimbulkan luka.
Luka tersebut biasanya akan membengkak karena terinteksi oleh kotoran dan kuman-kuman di sekitarnya. Lambat laun luka tersebut akan terasa sangat sakit yang dapat merusak konsentrasi bahkan kepercayaan diri anda dapat terganggu.
Cara mengatasi dan mengobati cantengan adalah melenyapkan bagian kuku yang menancap baik pada jempol maupun jari lain di kaki dan tangan anda. Cara menghilangkan kuku yang menusuk kulit bisa anda lakukan sendiri maupun dengan bantuan orang lain seperti dokter atau kerabat anda. Pastikan alat yang anda gunakan steril dan aman digunakan seperti silet, duntung kuku, jarum, antiseptik, kapas, tisu, dan sebagainya sesuai kebutuhan anda. Setelah memotong bagian kuku yang menancap anda bisa obati luka yang ada seperti biasa.
Sebelum memulai anda harus siap secara mental dahulu karena akan terasa sangat sakit sekali yang mungkin bisa berhari-hari serta mengeluarkan sedikit darah dan nanah. Namun rasa sakit itu akan terbayar dengan jari anda menjadi normal kembali. Pikirkanlah dahulu teknik yang anda akan gunakan. Dalam proses tersebut mungkin akan memakan waktu lama, karena mungkin kuku yang menancap terdapat pada lokasi yang dalam dan anda harus berusaha ekstra keras dengan tambahan rasa sakit. Jadi biasakanlah dengan rasa sakit yang ada dengan sambil memikirkan masa depan yang cerah menanti anda.
Setelah kuku yang menusuk kulit berhasil anda angkat dan singkirkan, selanjutnya obati luka yang membengkak seta luka baru yang mungkin anda buat ketika membuka jalan. Beri obat luka luar yang aman dan bebas merkuri dan biarkan tetap terbuka hingga sembuh. Mungkin pada awalnya menimbulkan rasa sakit yang tidak jauh berbeda dari awal sebelum membuang bagian kuku yang menancap, namun dalam beberaa hari ketika bengkak mulai menghilang maka rasa sakit pun akan berkurang dan akhirnya akan menghilang.
Untuk pencegahan pastikan anda memotong kuku anda dengan baik dengan tidak meinggalkan pola potongan yang tajam dan berpotensi menimbulkan cantengan pada jari tangan maupun kaki. Bila sakit berlanjut disarankan segera berobat dokter atau datanglah ke puskesmas karena jauh lebih murah daripada dokter umum.

Artikel lain yang mungkin Anda sukai :
Mendeteksi Penyakit Lewat KukuSistem Kekebalan Tubuh Dapat Dikendalikan Oleh PikiranMakanan Yang Dapat Meningkatkan Efisiensi Otak Anda10 Tips Agar Otak Anda Bekerja Dengan Baik10 Efek Buruk Minum Soft DrinkTips Agar Jantung Aman dan SehatBahaya Kesehatan dari TeknologiHGH (Human Growth Hormone)Apa Itu PenuaanGASTRITIS (MAAG)SkizofreniaAsam Urat, Penyebab Gejala dan PengobatannyaDivine Kretek, Asap Rokok yang Bisa Jadi Obat10 tips mengatasi depresiBahaya Penyalahgunaan GanjaStomatitis atau SariawanFungsi, Mitos Dan Fakta Tentang AirANEKA RACUN DALAM KOSMETIK

1 komentar:

  1. Mantap infonya.... aku punya resep dokter specialis untuk penyakit kuku rusak, obat kuku bengkak atau obat kuku bernanah.
    Saya mengalaminya berkat obat resep tersebut alhamdulillah sdh sembuh. kalau mau lihat bisa baca di htpp://www.obatkuku.blogspot.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...