Home » , , , , » 7 Rempah-Rempah Yang Menyehatkan Tubuh

7 Rempah-Rempah Yang Menyehatkan Tubuh

By Phen Efendi on 21 July 2010 | 4:56 PM

7 Rempah-Rempah Yang Menyehatkan Tubuh
Menambahkan rempah-rempah ke dalam masakan tak hanya menyempurnakan rasa, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya, menurunkan kolesterol dan mencegah kanker.

Tapi, tidak semua jenis rempah yang ada di sekitar kita, memiliki manfaat itu. Berikut ini merupakan daftar rempah yang mengandung manfaat bagi kesehatan Anda sekeluarga.

1. Cabai Merah
Senyawa capsaicin menimbulkan rasa pedas pada cabai. Manfaatnya dapat menurunkan risiko kanker kulit dan usus besar. Studi menunjukkan konsumsi cabai juga membantu orang makan lebih sedikit kalori.

2. Pala
Pala mengandung senyawa antibakteri yang dapat membantu memerangi listeria, e coli, dansalmonella. Coba tambahkan buah pala saat memasak. Selain menambah aroma, rempah ini juga mengandung banyak khasiat.

3. Jinten
Jinten mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu menghentikan pertumbuhan tumor. Agar menyehatkan dan menambah rasa, bubuhi daging dengan jinten sebelum dimasak.

4. Kunyit
Kunyit mengandung komponen aktif yang disebut curcumin, yang dapat menghentikan kanker dan mencegah agar tak menyebar. Tak hanya itu, kunyit juga bisa membantu mencegah diabetes tipe 2. Menggunakan kunyit dalam sup, semur dan masakan kari membuat rasanya lebih istimewa.

5. Kayu manis
Hanya seperempat sampai setengah sendok teh sehari kayu manis bisa menurunkan gula darah, kolesterol jahat ( LDL ), dan trigliserida pada orang dengan diabetes tipe 2. Jika ingin menikmati sensasi rasanya, ditaburkan pada oatmeal atau saus apel.

6. Sage
Rempah-rempah ini dapat membantu Anda menurunkan kolesterol dan tekanan darah dan umumnya mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Rosemary
Rosemary bermanfaat menghentikan mutasi gen yang dapat menyebabkan kanker dan dapat membantu mencegah kerusakan pada pembuluh darah yang meningkatkan risiko serangan jantung.

Jika Anda ingin meningkatkan hidup lebih sehat, pertimbangkanlah untuk memakai rempah-rempah itu pada masakan Anda.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...