Home » , » Perbedaan Antara PSP 3000, PSP Go dan PS Vita

Perbedaan Antara PSP 3000, PSP Go dan PS Vita

Posted by Phen Efendi on 06 May 2012 | 6:30 AM

Berikut ini adalah perbedaan antara PSP 3000, PSP Go dan PS Vita:




1. Ukuran
PSP Lite 3000: 170mm x 69mm x 18mm (panjang x tinggi x lebar)

PSP Go: 128 mm x 69 mm x 16.5 mm (panjang x tinggi x lebar)

PS Vita: 182mm x 84mm x 18.6mm (panjang x tinggi x lebar)

pada sisi ukuran, psp go merupakan yang terunggul di antara konsol teringan karena lebih pendek dan lebih tipis, meskipun memiliki gaming pad slide down di belakang layarnya. Psp go masih memegang gelar alat portable teringan di dalam generasi psp.


2. Game genre support
psp lite 3000: Aksi, petualangan, pertarungan, musik, teka-teki, balap, role-playing, shooting, simulasi, olahraga, strategi

psp go: Aksi, petualangan, pertarungan, musik, teka-teki, balap, role-playing, shooting, simulasi, olahraga, strategi

ps vita: Aksi, petualangan, augmented reality, pertarungan, musik, teka-teki, balap, role-playing, shooting, simulasi, permainan sosial, olahraga, strategi.

Semua konsol permainan telah diciptakan untuk memenuhi genre permainan sebanyak mungkin. Psp tidak dapat memiliki game-game augmented reality tanpa cacat, namun ps vita bisa. Terima kasih kepada geotagging dengan gps-nya, deteksi muka dan pengambil foto lewat kamera depan, dan bahkan augmentasi dengan menggunakan kamera belakang atau layar sentuh, hal ini seolah-olah anda sedang melihat realitas dengan mata yang berbeda, dengan menggunakan ps vita.


3. Play mode support
psp lite 3000: Remote play

psp go: Remote play

ps vita: Remote dan cross play

PSP lite dan PSP go memiliki kemampuan konektifikasi dengan playstation 3 dimana anda dapat mem-pause game pada ps 3 dan meneruskannya di kedua handheld tersebut. Keduanya bisa bekerja dengan jaringan wifi. Tapi, PS vita tidak hanya bekerja dengan remote play tetapi juga dengan cross play dimana anda dapat berinteraksi atau menggunakan handheld real time, bukan hanya sebagai sistem gamingnya yang terpisah, tetapi juga remote control ketika memainkan ps 3, menyeberangi batasan-batasan psp biasa.


4. Social networking app support
psp lite 3000: Tidak, berbasis browser

psp go: Tidak, berbasis browser

ps vita: Ya, berbasis browser dan app support

Telah cukup lama psp lite dan psp go men-support skype yang melekat pada sistem penggunaannya, kapan pun anda terhubung dengan wifi. Namun, ps vita men-support jaringan sosial dimana anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi yang khusus dikembangkan untuk jenis gadget ini. Facebook, foursquare, dan twitter dapat digunakan dengan menggunakan psp ini.


5. Main input/output
psp lite 3000: Wifi, usb 2.0, memory stick pro duo, analog video out, microphone

psp go: Wifi, bluetooth, usb 2.0, memory stick micro, microphone

ps vita: Wifi, bluetooth, 3g, playstation vita card, microphone, kamera depan dan belakang, gps, layar sentuh, layar sentuh belakang, sensor gerak enam tombol.

PSP go mungkin sedikit lebih tinggi dari psp lite karena kemampuannya yang dapat terhubung dengan bluetooth, tapi “go” terlalu lambat dibandingkan dengan ps vita yang memiliki banyak cara untuk berinteraksi dengan banyak game dan program lainnya. 3g adalah satu fitur unik yang mengaktivasikan gps support. Kameranya dapat digunakan untuk pendeteksian wajah. Dan layar sentuh dapat digunakan untuk interaksi dan kontrol game secara lebih mendalam. Sensor gerak juga merupakan cara baru untuk menikmati permainan di dalam psp vita ini, tergantung kemampuan ayunan anda.


6. Tombol dan kenop
PSP lite 3000: Atas, bawah, kiri, kanan, analog stick x1, segitiga, lingkaran, kotak, kali, r1, l1, tombol start, tombol select, tombol ps, kenop power/hold, kenop wifi, tombol display, tombol suara, tombol volume + atau –

psp go: Atas, bawah, kiri, kanan, analog stick x1, segitiga, lingkaran, kotak, kali, r1, l1, tombol start, tombol select, tombol ps, kenop power/hold, kenop wifi, tombol display, tombol suara, tombol volume + atau –

ps vita: Atas, bawah, kiri, kanan, analog stick x2, segitiga, lingkaran, kotak, kali, r1, l1, tombol start, tombol select, tombol ps, kenop power/hold, tombol volume + atau –

Tombol-tombolnya hampir sama untuk semua unit, khususnya psp lite dan psp go. Namun, ps vita sedikit berbeda, seperti dual analog stick yang dapat digunakan oleh pemain fps dimana satu analog stick-nya untuk gerakan sedangkan yang satu lagi bisa dialokasikan untuk posisi kamera. Juga, kenopnya pun semakin berkurang, dimana fungsi-fungsi lainnya dapat diakses langsung lewat layar dengan kemampuan layar sentuh.


7. RAM dan storage
psp lite 3000: 64mb ram, 2gb vram, expandable memory stick duo (1, 2, 4, 8, 16, 32, 64, or 128gb)

psp go: 64mb ram, 2gb vram, expandable memory stick micro (1, 2, 4, 8, 16, 32, 64, or 128gb)

ps vita: 512mb ram, 128mb vram, 16gb internal storage, playstation vita card (4, 8, 16, or 32gb)

RAM adalah satu faktor utama dalam mengetahui kecepatan sistem dalam memproses grafik, fungsi, dan operasi lainnya. Psp lite dan psp go memiliki ram storage dasar sehingga tidak masalah untuk melakukan sedikit dan beberapa task namun terbatas. Tapi, ps vita sangat jauh dari para pendahulunya, bahkan dengan ram itu sendiri, 8 kali lebih besar. Ps vita memiliki ram khusus untuk pemrosesan video sebesar 128 mb, yang membuktikan mengapa kejelasan dan mutu videonya jauh lebih nyata.


8. Kekuatan batere
psp lite 3000: 9 jam

psp go: 3 sampai 5 jam

ps vita: 3 sampai 4 jam

Logika dari angka durasi tersebut didasarkan pada support yang dapat diakses oleh ketiga konsol ini. Ps vita memiliki masa batere terendah disebabkan oleh energi yang diminta oleh kinerja processor, kapasitas layar, dan operasi mesin grafis. Namun, harus diketahui bahwa masa batere vita memiliki akses untuk semua kemampuan, seperti untuk volume dan pencahayaan layar maksimum. Hal ini berarti bahwa handheld ini dapat memperpanjang waktu standby dan waktu pengoperasian ketika semua setting dipasang pada standard.


9. Tampilan
psp lite 3000: 4.3 inci, jenis transparansi penuh 16:9, tft drive, 480×272 pixel, 16 juta warna

psp go: 3.8 inci, jenis transparansi penuh 16:9, tft drive, 480×272 pixel, 16 juta warna

ps vita: 5 inci, 960×544 pixel, layar oled 16 juta warna

PSP Lite dan PSP Go tidak memiliki banyak perbedaan dalam hal kualitas tampilan, kecuali untuk perbedaan 0,5 inci di atas karena psp go memiliki konsep yang lebih ringan. Namun, ps vita cukup berbeda perihal kualitas layar karena dioda-dioda yang digunakan, khususnya, oled. Vita memiliki 16 juta warna yang sama dengan handheld sebelumnya, namun pikselasinya dua kali lebih besar di banding dua psp tersebut, sehingga detail dan garisnya lebih bersih dan teratur, meskipun masih banyak ditemukan inkonsistensi di dalam beberapa game. Hal ini juga membuat ps vita menjadi perangkat sempurna untuk melihat film, video, dan bahkan game-game bergrafis berat atau bergerak cepat.


10. Processor
psp lite 3000: R4000 at 1~333mhz

psp go: R4000 at 1~333mhz

ps vita: Quad-core arm cortex a9 mpcore

Berdasarkan spesifikasi itu sendiri, baik psp lite maupun psp go tidak sepadan dengan spesifikasi ps vita karena processor vita empat kali lebih kuat. Ps vita telah dirancang untuk tidak hanya memenuhi tuntutan game yang memiliki grafis, bayangan, tekstur 3d, dan bahkan audio yang lebih detail, tetapi juga memenuhi multitasking dalam memainkan musik, mengaktivasi 3g atau wifi, dan bahkan menggunakan jejaring sosial.

Source:
tiptoptens.com











13 komentar:

  1. Anonymous6/25/2012

    Nice article..Thumb Ups!

    ReplyDelete
  2. Anonymous9/04/2012

    apakah vs vita bisa buat nelpon dan sms?

    ReplyDelete
  3. tidak, tp bisa untuk video call via skype misalnya

    ReplyDelete
  4. apakah memakai kartu SIM?
    seperti GSM or CDMA ?

    ReplyDelete
  5. pada PS vita ya, untuk menggunakan fitur 3G harus menggunakan sim card, tetapi fitur 3G di PS Vita ini digunakan untuk browsing, skype, akses PS Store, dll dan tidak untuk fungsi telpon.

    ReplyDelete
  6. SIM card nya itu khusus dr PS Vita atau bisa pke SIM card apa aja?

    ReplyDelete
  7. pake SIM Card GSM apa aja....!

    ReplyDelete
  8. Lebih bagus yang PSP GO atau PSP lite, yang bisa digunakan sebagai pocket gaming dan bisa dimainkan dimana saja? (Terutama saat bepergian)

    ReplyDelete
  9. bos.. psp sama nintendo bagusan mana?

    ReplyDelete
  10. Keterbatasan ps vita adalah menggunakan sistem card utk setiap game ( 1 card 1 game ) padahal harga 1 card bs mencapai 300rb, beda dengan psp yng bisa diinstall ke memory internalnya ( utk ukuran 16gb bisa muat 10-15 game )

    ReplyDelete
  11. bagus mana min psp lite atau psp go ?

    ReplyDelete
  12. mau dong di kirim di rumah ku Y... :) :) :) .....

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...