Home » , , , , » Ion Panas Matahari membentuk gelembung di ruang angkasa pada heliosphere

Ion Panas Matahari membentuk gelembung di ruang angkasa pada heliosphere

By Phen Efendi on 15 December 2012 | 3:59 PM


Ion Panas Matahari membentuk gelembung di ruang angkasa pada heliosphere
Matahari memuntahkan angin panas berupa ion yang bergerak pada 300 sampai 800 kilometer per detik. Partikel tersebut membentuk semacam gelembung di ruang angkasa pada heliosphere. Ion ini adalah partikel bermuatan yang akan melambat dan berhenti ketika bertumbukkan dengan atom hidrogen dan helium di ruang antar bintang. Tapi atom-atom ini dapat menembus heliosphere, dan satelit dekat bumi yang disebut IBEX, merupakan satelit Interstellar Boundary Explorer, telah mengamati hal tersebut! Gambar di atas menunjukkan apa yang telah direkam IBEX.

Pada bulan Desember 2008, IBEX pertama kali mulai melihat atom netral energik menembus heliosphere. Pada bulan Oktober 2009 tim IBEX telah mengumpulkan cukup data untuk melihat pita IBEX: sebuah daerah berbentuk busur tak terduga di langit memiliki banyak atom netral lebih energik dari yang diharapkan.

Warna menunjukkan berapa banyak atom netral energik yang menghantam heliosphere per detik per sentimeter persegi per keV. Satuan keV, atau kilo-elektron-volt, adalah satuan energi. Atom yang berbeda bergerak dengan energi yang berbeda, sehingga masuk akal untuk menghitung energi atom dengan cara ini.

Anda dapat melihat bagaimana pesawat ruang angkasa Voyager meninggalkan heliosphere. Anda juga dapat melihat bagaimana garis-garis interstellar medan magnet menghindari gelembung ini. Sejak pita IBEX terdeteksi, tim IBEX telah mencoba untuk mencari tahu apa penyebabnya. Mereka pikir itu terkait dengan interstellar medan magnet. Pita telah bergerak dan mengubah intensitas dalam beberapa tahun setelah mereka mengamatinya!

Sebuah kejutan besar, baru-baru ini IBEX mengumumkan bahwa tata surya kita tidak memiliki daerah berbentuk busur ini. Sebelumnya, para ilmuwan berpikir heliosphere menciptakan gelombang kejut berbentuk busur dalam gas antar bintang saat bergerak bersama.

Untuk lebih lanjut tentang IBEX, lihat:
http://ibex.swri.edu/

dan untuk lebih lanjut tentang heliosphere, lihat:
http://en.wikipedia.org/wiki/Heliosphere

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...