Home » , , , , » Mengapa Google & Android akan menang atas Apple & iOS

Mengapa Google & Android akan menang atas Apple & iOS

Posted by Phen Efendi on 06 December 2012 | 8:30 AM


Mengapa Google & Android akan menang atas Apple & iOS

Platform Android benar-benar mendominasi pasar smartphone. Google memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang konsumen inginkan. Dengan pangsa pasar sebesar 72,4 persen di seluruh dunia pada quartal ke-3 2012, platform Android telah mendapatkan momentum tak terbendung. IOS di tempat kedua dengan pangsa pasar yang terpaut cukup jauh sebesar 13,9 persen. Bagaimana platform tumbuh begitu dominan dan mengapa Google dan Android akan terus memenangkan hati dan pikiran konsumen atas Apple dan iOS?

Apakah ini karena Google semakin baik dalam desain, lebih cepat, dan semakin baik dalam layanan web daripada Apple? Itu mungkin faktor penyebabnya, tetapi ada alasan lain bahwa Android akan menang atas iOS.

Menang di web

Sejak iPhone pertama keluar pada tahun 2007 dengan cara yang kita gunakan, penggunaan ponsel telah berubah drastis. Ponsel telah menjadi alat multi tujuan yang kita gunakan untuk segalanya dari bermain game, mendengarkan musik, untuk mengambil foto dan menulis email.

Sebuah laporan dari operator selular di Inggris mengungkapkan bahwa membuat panggilan adalah penggunaan paling sering kelima untuk smartphone di belakang browsing internet, membuka jejaring sosial, bermain game, dan mendengarkan musik. Orang-orang menghabiskan rata-rata 25 menit per hari browsing web, 17 menit pada jaringan sosial, dan hanya 12 menit untuk panggilan telepon.

Apakah mengherankan bahwa raksasa mesin pencari dengan jaringan sosialnya sendiri telah menciptakan sebuah platform yang lebih populer daripada spesialis yang terfokus pada desain hardware? Berbagai layanan Google yang berbasis web tidak ada duanya. Pertimbangkan Google Docs, Gmail, Google Maps, Google Music, Google Chrome, Google Drive sebagai layanan awan Google mudah digunakan dan seberapa baik mesh mereka dengan Android. Yang terburuk yang dapat Anda katakan tentang layanan Google adalah bahwa pengalaman pengguna tidak selalu sangat dipoles.

Sekarang lihatlah Apple dan iOS dengan ketergantungan pada iTunes, masalah dengan iCloud dan MobileMe, duplikat kontak, kesalahan sinkronisasi, dan downtime email. Apple Maps jelas kalah dengan Google Maps. Upaya Apple pada jaringan sosial, Ping, yang oleh Jobs digambarkan sebagai "semacam seperti Facebook dan Twitter bertemu dengan iTunes", adalah gagal total.

Pendek cerita bahwa Apple gagal di web dan itu tidak menunjukkan tanda-tanda nyata akan meningkat. Google nyaman memenangkan web, dan karena itulah alasan penggunaan utama orang memiliki smartphone saat ini, Android adalah pilihan yang lebih baik dari iOS.

Bagaimana dengan desain?

Apple selalu dipuji karena kecakapan desain. Platform Android sangat meningkat sejak debutnya di 2008, perangkat keras dan perangkat lunak terlihat bagus dan mudah untuk digunakan. Apple tampaknya telah dibekukan oleh mantra tua "jika tidak rusak, jangan memperbaikinya", Sementara Android terus berinovasi.

Melihat versi terbaru dari Android itu tidak lagi dipercaya untuk menyatakan bahwa iOS jauh lebih unggul, atau bahwa ia menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Apple stagnan, sementara Google semakin baik dengan desain sepanjang waktu.

Hardware Android telah diuntungkan dengan memiliki produsen perangkat yang besar. Ada beberapa rilis cantik dan beberapa kegagalan dilupakan. Bahwa berbagai pilihan yang sesuai dengan anggaran yang berbeda tidak diragukan lagi telah menjadi penggerak utama dari platform Android, tetapi juga menyebabkan pengalaman yang lebih terfragmentasi.

Bahkan dengan kegagalan, perangkat Android merupakan pilihan yang jauh lebih luas bagi konsumen. IPhone berkembang sangat lambat, Anda dapat dengan jelas mengenali setiap rilis sebagai bagian dari keluarga yang sama. Sebuah pilihan yang lebih luas dari perangkat jelas akan menarik bagi kelompok orang yang lebih luas.

Berbeda tujuan

Sementara Google dan Android meningkatkan pangsa pasar di setiap kuartal dengan kita harus mengakui bahwa Apple dan IOS memiliki rencana permainan yang berbeda. Android akan terus mengalahkan dalam hal jumlah pengguna, tetapi Apple difokuskan pada satu set yang berbeda dari angka. Jika kita melihat kembali pada awal 2011, Apple mengklaim hanya 4 persen dari pasar ponsel, namun meraup lebih dari setengah dari semua keuntungan.

Yang benar adalah bahwa Apple bisa menjadi perusahaan yang paling menguntungkan karena melayani niche dan mempertahankan kontrol ketat atas klaim perangkat keras dan ekosistem adalah bagian terbesar dari kas yang menghasilkan. Google tidak diatur untuk menghasilkan semacam keuntungan, bahkan dengan porsi yang jauh lebih besar dari pasar. Keduanya, perusahaan dan platform mereka, tidak benar-benar bertujuan untuk hal yang sama.

Apa yang terjadi ketika pasar mencapai kejenuhan?

Salah satu hal menarik tentang kenaikan Android adalah bahwa sebagian besar telah terjadi dengan mengorbankan RIM dan Nokia. Pasar smartphone telah meledak di seluruh dunia dimana ada banyak ruang untuk kedua platfrom Android dan iOS untuk tumbuh. Pangsa pasar telah berubah, tetapi ukuran keseluruhan pasar telah meningkat sepanjang waktu. Kita akan dapat melihat lebih jelas ketika orang beralih dari IOS ke Android dan sebaliknya.

Jika Apple belum beres dalam layanan internet, saat itu Google dan Android mungkin tak terbendung. Tidak ada keraguan Apple akan terus meraup keuntungan dari basis penggemar setia, tetapi jika terus tertinggal dengan web dan pemotongan superior layanan Google keluar dari IOS, adalah loyalitas yang benar-benar bisa diuji. Android meningkat lebih cepat dibandingkan iOS dan itu sudah berlaku. Itu tidak berarti kita akan melihat Apple dan IOS menghilang, namun melambat untuk joging sementara lawan lari sprint jauh di depan adalah strategi cacat.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...