Home » , , , , » Samsung akan menjual smartphone dengan OS Tizen pertama di 2013

Samsung akan menjual smartphone dengan OS Tizen pertama di 2013

By Phen Efendi on 01 January 2013 | 8:36 AM

Samsung akan menjual smartphone dengan OS Tizen pertama di 2013

Tizen adalah sistem operasi berbasis Linux alternatif dipandang sebagai platform yang lebih terbuka yang akan menyaingi Google Android dan Apple iOS.


Samsung Electronics akan menjadi yang pertama untuk menjual smartphone yang berjalan pada sistem operasi Tizen melalui operator Jepang NTT DoCoMo dan mitra lainnya di tahun 2013, menurut surat kabar Jepang Yomiuri.

Samsung, NTT DoCoMo, dan mitra mereka berharap untuk membangun sebuah platform yang akan menyaingi sistem operasi utama dari Apple dan Google. Operator lain yang tertarik pada Tizen termasuk U.K.'s Vodaphone dan France Telecom, menurut laporan tersebut.


Tizen adalah sistem operasi berbasis Linux yang muncul dari kematian Nokia MeeGo. Intel, yang awalnya bekerja sama dengan Nokia pada MeeGo namun mandek di tengah jalan dan Samsung mengambil alih pengembangan sistem operasi tersebut, yang juga diawasi oleh Yayasan Linux. OS ini dilihat sebagai lebih terbuka dari Google Android, yang meskipun dengan klaim keterbukaan, beberapa mitra kesal dengan pembatasan tertentu, termasuk ketidakmampuan untuk melakukan perubahan besar-besaran pada platform. Selain telepon, Tizen dapat digunakan untuk perangkat lain, termasuk televisi dan tablet.

Berbagai perusahaan yang terlibat dengan Tizen melihat platform sebagai alternatif potensial baik dengan Android maupun iOS sistem operasi tertutup dari Apple yang terlalu kuat. Samsung telah melihat pangsa pasar dan dominasi atas industri smartphone melambung dengan Android. Samsung juga menyulap sistem operasi Microsoft Windows Phone, tapi sejauh ini platform Windows belum memberi keuntungan untuk perusahaan.

NTT DoCoMo, merupakan satu-satunya operator utama Jepang yang tidak menjual iPhone, dan Harian Yomiuri mengatakan bahwa DoCoMo berharap Tizen akan membantu membalikkan kerugian pelanggan.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...