Home » , , , , , » Sekarang Anda dapat Meng-Hosting Situs web di Google Drive

Sekarang Anda dapat Meng-Hosting Situs web di Google Drive

By Phen Efendi on 07 February 2013 | 6:09 PM

Sekarang Anda dapat Meng-Hosting Situs web di Google Drive

Google Drive, sebuah layanan awan gratis yang disediakan oleh Google, memungkinkan pengguna untuk menyimpan semua file termasuk dokumen, spreadsheet, video, dan Google Docs online dan mengaksesnya di mana saja. Pengguna yang menggunakan Google Drive untuk menyimpan dan berbagi file bisa mendapatkan keuntungan dari fungsionalitas tambahan. Meskipun itu adalah update sederhana, namun akan sangat bermanfaat untuk pengembang web site karena mereka dapat merancang prototipe situs mereka secara gratis dan melihat cara kerjanya.

Google juga telah secara jelas menjelaskan proses hosting kepada pengguna. Pengguna dapat membuat folder baru di drive dan berbagi di web, kemudian pengguna dapat meng-upload file HTML, CSS dan JS ke folder ini. Untuk mengetahui URL dengan cara membuka file HTML yang ingin Anda bagikan, kemudian klik tombol "Preview". Sebuah jendela baru akan terbuka dan URL-nya, yang dimulai dengan "https://googledrive.com/host/ ...", adalah URL publik yang dapat Anda berikan kepada orang lain. Siapapun dapat mengakses halaman web host, dengan atau tanpa akun Google.

Tentu saja ada keterbatasan untuk apa yang dapat di host. Tidak ada proses back end dengan hal-hal seperti PHP atau .NET, tidak akan ada akses ke Google Apps atau database. Iframe yang tertanam tidak akan bekerja karena implikasi keamanan, tetapi HTML, CSS dan JavaScript akan bekerja dengan baik.

Update ini mungkin bertujuan untuk membuat orang menggunakan Google Drive atas layanan awan lain seperti Dropbox atau SkyDrive. Bagi mereka yang berkolaborasi pada desain situs web, fitur-fitur baru ini memang cukup berguna dan Google benar-benar memberikan web hosting gratis, bahkan jika itu adalah sebuah web sederhana.

2 komentar:

  1. Tapi sangat terbatas, bro. Semoga ke depannya bisa dikonekkan ke domain kita, sehingga jadi URL sendiri dan kita tak perlu bayar hosting. Juga semoga support php, .net, bisa pakai database, dst.

    ReplyDelete
  2. harapan saya juga begitu, semoga saja....

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...