Home » , , , , , » Cara Update Galaxy S3 Mini dengan Android KitKat 4.4.2

Cara Update Galaxy S3 Mini dengan Android KitKat 4.4.2

By Phen Efendi on 25 December 2013 | 8:38 PM

android, tips trik, manual update, KitKat, android 4.4, Samsung Galaxy S3 Mini

Samsung tampaknya belum mempertimbangkan untuk menggelar update OS KitKat untuk Galaxy S3 Mini dalam waktu dekat. Namun berkat pembuat firmware custom ROM dari Cyanogen Mod 11, pengguna Galaxy S3 Mini sekarang dapat memperbarui ponselnya dengan OS Android terbaru KitKat 4.4.2. Berikut ini adalah prosedur untuk menerapkan pembaruan OS KitKat untuk Galaxy S3 Mini dengan firmware custom ROM dari Cyanogen Mod 11.

Persiapan:

Semua data di Galaxy S3 Mini sebaiknya dibackup terlebih dahulu dengan bantuan langkah-langkah di bawah ini. Jangan membuat backup data dengan bantuan software Kies karena mungkin perangkat tidak akan terdeteksi setelah update.

SMS - Gunakan aplikasi SMS Backup & Restore
Kontak - Sinkronisasikan dengan aplikasi Gmail
Log Panggilan - Gunakan aplikasi Call Log dan Restore
Gambar, Lagu, Video, dan File lainnya - Copy ke SD Card / eksternal
Pengaturan APN dan MMS - Catat dari pengaturan  “Applications > Settings > Wireless and Network > Mobile Networks > Access Point Names”

Aktifkan Mode USB Debugging pada Galaxy S3 Mini melalui pengaturan "Settings> Applications>  Development > USB debugging".

Perhatikan juga masa pakai baterai telah diisi penuh atau minimal 50% karena ada risiko perangkat mendadak mati di tengah update firmware.

Karena ini adalah Firmware Custom ROM, pastikan bahwa ponsel Anda telah di-root terlebih dahulu. Untuk memeriksa apakah ponsel sudah di-root atau belum, dapat diperiksa dengan bantuan aplikasi Root Checker yang dapat anda download dari Google Play Store.

Jika ponsel belum di-root, Anda dapat melihat artikel Panduan Cara Rooting perangkat Android untuk mulai me-root perangkat.

Perhatian: Ikuti semua petunjuk yang disebutkan dalam artikel ini dengan seksama, dan jika ada kerusakan yang disebabkan karena tidak mengikuti petunjuk dengan benar, maka saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi.

Prosedur untuk Update Galaxy S3 Mini dengan Android KitKat 4.4.2:

> Download paket firmware OS Android KitKat 4.4.2 dan Google Apps ke komputer Anda. Setelah di-download, hubungkan ponsel ke komputer dengan bantuan kabel USB, dan tempatkan dua file zip tersebut dalam satu folder yang sama di SD Card ponsel Anda.

> Lepaskan perangkat dari komputer kemudian matikan ponsel, tekan tombol Volume (up) + Home + tombol Power secara bersamaan untuk masuk ke recovery mode. Atau, Anda juga dapat masuk ke mode recovery dengan bantuan aplikasi ROM Manager.

> Dalam mode recovery, pilih "Wipe data / factory reset" & "Wipe Cache partition" sehingga semua data cache akan dihapus. Berikutnya pilih “install zip from sd card”. Untuk memilih tekan tombol volume up atau down, pilih Paket OS Android KitKat 4.4.2 yang telah Anda tempatkan di SD Card bersama dengan paket Google Apps.

> Setelah firmware berhasil diperbarui, Anda akan melihat pesan "install from sd card complete" dan kemudian pilih "go back" lalu pilih "reboot system now" untuk reboot perangkat dalam mode normal. Seluruh proses update firmware mungkin memakan waktu sekitar 10 menit. Anda dapat memeriksa pembaruan sistem melalui pengaturan "Settings> About Phone".

Catatan: Jika perangkat tidak bisa boot up atau berhenti di layar awal, keluarkan baterai dan masukkan kembali untuk booting lagi dalam mode normal. Jika Galaxy S3 Mini tetap dalam kondisi boot loop, matikan ponsel kemudian lakukan kembali prosedur update di atas dari awal.


Semoga Berhasil..............

10 komentar:

  1. kalau misalnya terjadi kesalahan, ada cara buat ngembaliin seperti semua ga? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. didalam pengaturan ada mode backup/restore system
      kalo sudah dibackup, jika terjadi sesuatu bisa direstore kembali....

      Delete
  2. gan kalo games dan aplikasinya ke hapus gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kehapus gan, kecuali aplikasinya sudah di backup

      Delete
  3. Untuk g00gle apsny gmana tu gan..
    Yang d instal kn cma andr0id kitkat ny dwang..
    Trz g00gle aps d gmana'n
    Mh0n pencrahannya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempatkan kedua file tersebut dalam satu folder yang sama, jadi nanti instalnya barengan.....

      Delete
  4. gan kalo sistem android keformat apakah dengan upgred rom kitkat akan berhasil, atau gmna solusinya gan. . . . .

    ReplyDelete
  5. kalau s3 mini di upgrade ke kitkat kelemahan dan kelebihannya apa saja gan??

    ReplyDelete
  6. ada bug Ώyå Ъ nh gan,? ?
    soal Ώyå ane pernah nyoba tp kamera Ъ fungsi.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...